Subscribe:

Pages

Jumat, 01 Juli 2011

PROPOSAL


1. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah                      
            Energi listrik mempunyai peranan penting karena hampir semua usaha dan kegiatan manusia modern saat ini menggunakan energi listrik. Ketergantungan pada energi listrik saat ini sangat tinggi hal ini salah satu alasannya adalah karena energi listrik sangat praktis, ekonomis dan mudah dirubah menjadi energi yang lain.
            Dalam penyediaan energi listrik pemerintah dalam hal ini Perusahaan Listrik Negara ( PLN ) tidak mampu memenuhi kebutuhan listrik yang dibutuhkan. Maka kemudian PLN mengadakan kerja sama dengan pihak swasta untuk ikut berinvestasi dalam penyediaan Unit Penbangkit Listrik. Dan salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (  PLTU  ).
            PLTU Paiton unit  7 & 8 adalah pembangkit listrik yang dimiliki oleh PT. INTERNASIONAL POWER MITSUI OPERATION AND MAINTENANCE INDONESIA ( IPMOMI ). Yang berada dikecamatan  Paiton Kabupaten Probolinggo Jawa Timur Merupakan salah satu pembangkit tenaga listrik guna memenuhi kebutuhan listrik.
            Manajemen inventori suatu perusahaan sangat berpengaruh terhadap besarnya profit suatu perusahaan serta mendukung dalam hal kelancaran pengoperasian  sebuah pembangkit listrik . Diantaranya adalah ketersediaan suatu material merupakan salah satu faktor yang tidak bisa diabaikan yang dapat mempengaruhi dalam proses pengoperasian dan perawatan unit pembangkit.
            Penyediaan informasi mengenai persediaan dan pengadaan material erat dengan manajemen perawatan mesin-mesin, yang akan  mendorong efisiensi dan kapasitas produksi daya listrik yang dihasilkan. Penggunaan material  yang bersifat habis pakai ( consumable material ) membutuhkan manajemen khusus sehingga dapat menangani masalah ketersediaan material tersebut. Sehingga diharapkan kebutuhan akan ketersediaan dapat terpenuhi setiap saat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna ( user ).

1.2. Rumusan Masalah
            Berdasarkan uraian diatas dalam hal ini dapat  dirumuskan suatu masalah yaitu “Bagaimana membuat suatu system informasi penyediaan dan pengadaan material  dengan metode kontrak pembelian untuk menunjang aktifitas perawatan mesin-mesin pembangkit listrik ”.

1.3. Batasan Masalah
            Mengingat banyaknya masalah yang perlu dibahas pada bagian inventori dan supaya permasalahan terarah, maka pada penelitian ini permasalahan dibatasi pada:
  1. Pengendalian pemesanan barang
  2. Pemantauan status kontrak-kontrak pembelian.
  3. Pengendalian jumlah persediaan material.


1.4. Tujuan
Tujuan yang dapat dilakukan pada  PT. IPMOMI  jawa timur.
Suatu kegiatan mempunyai tujuan tertentu karena sebagai ukuran untuk melakukan suatu kegiatan. Tujuan dari Praktek  Kerja Lapangan ( PKL ) ini adalah untuk merancang suatu system informasi penyediaan dan pengadaan material  dengan metode kontrak pembelian untuk menunjang aktifitas perawatan mesin-mesin pembangkit listrik. Dimana perancang system ini mempermudah pengoperasian yang cepat akurat, efektif dan efisien.

1.5. Metode Penelitian
Dalam hal teknik mengumpulkan data. Metode yang akan digunakan  adalah:
  1. Obsevasi
Mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis  tentang aktifitas yang ada di perusahaan, sehingga dapat dilihat kebutuhan aplikasi yang diinginkan dalam hal pengambilan data serta kebutuhan informasi yang diharapkan.
  1. Interview
      Dengan mengadakan tanya jawab langsung pada pihak yang bersangkutan, baik karyawan, supervisor gudang, bagian pembelian dan manajemen perusahaan untuk mendapatkan data yang diperlukan secara sistematis sesuai dengan hasil observasi.
  1. Study Literatur
      Metode yang digunakan untuk mengumpulkan bahan-bahan dari berbagai buku atau referensi yang berhubungan dengan permasalahan, hal ini diperlukan untuk mendukung teori-teori yang akan digunakan dalam membuat perencanaan dan perancangan system yang akan dikerjakan dalam laporan penelitian ini.

0 komentar:

Posting Komentar